MANFAAT BUAH UNTUK KESEHATAN

APEL

Kombinasi kandungan garam mineral dan pektin dalam apel, serta kandungan asam oksalik pada bayam membentuk substansi unik yang memenuhi dinding-dinding usus dan melalui gerakan kimia yang kuat tapi aman “melepaskan” kotoran yang ada di usus besar yang telah mengendap berhari-hari, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kandungan zat pektin dalam apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung. Manfaat buah apel yang lain sebagai obat tekanan darah tinggi dengan cara dimakan langsung.

ALPUKAT

Kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalamnya tidak saja menjadi sumber energi yang melimpah yang dibutuhkan pada saat puasa, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi. Berikut beberapa manfaat alpukat yang lain:

· Mengatasi batu ginjal: Minum air seduhan tujuh helai daun alpukat dengan ½ gelas air panas setiap pagi dan sore.

· Untuk sakit punggung: Rebus 5 helai daun alpukat dan 500 cc air hangat tinggal 250 cc. Embunkan semalaman dan minum keesokan harinya. Lakukan seminggu berturut-turut.

· Untuk Sariawan: Aduk sebuah alpukat matang dengan dua sendok madu dan makan tiga kali sehari.

PISANG

Daging buah pisang yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang. Pisang sangat membantu bagi mereka yang mengalami masalah peradangan lambung atau usus. Karena daging buah pisang sangat lembut, dianjurkan untuk tidak dijadikan jus. Kandungan vitamin C pisang = 2 kali apel (1 pisang = 2 apel). Pisang kaya akan mineral Kalsium (Ca) sehingga mengkonsumsi pisang setelah makan akan membantu menetralisir efek negatif akibat dari mengkonsumsi garam dan MSG/vetsin yang berlebih. Mengandung Kalium (K) yang berfungsi menjaga keseimbangan air tubuh, kenormalan tekanan darah, fungsi jantung dan kerja otot.

BLEWAH

Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada blewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung blewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa sehingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.


JERUK

Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi/merangsang sistem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut. Berguna pula untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza. Campuran sari jeruk nipis dan madu sangat berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel. Bagi anda yang memiliki gangguan lambung, pilihlah buah jeruk yang tidak terlalu asam.

Jeruk nipis memiliki kelebihan khususnya sebagai bahan obat yang memiliki banyak khasiatnya. Beberapa manfaat buah jeruk nipis yang secara umum sudah diketahui sejak lama misalnya untuk:

1. Obat batuk. Umumnya, buah jeruk nipis dibelah, kemudian pada permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih, dipanaskan, kemudian perasan airnya diminum bersama air jernih karena air jeruk nipis berfungsi sebagai pelancar dahak yang dapat menyebabkan batuk-batuk, hingga akan cepat dapat dikeluarkan. Akibatnya, rasa batuk-batuk akan dapat dikurangi. Ada pula yang mencampur air perasan buah jeruk nipis dengan buah cengkeh, kalau perlu ditambah gula-batu sedikit campur dengan air panas, setelah melarut baru diminum. Ini pun manfaatnya akan sama seperti cara di atas tadi.

2. Melemaskan rasa tegang pada otot, misal pada tangan, kaki, ataupun bagian lainnya, dengan cara: Air perasan jeruk nipis ditambah sedikit air, kemudian digosokkan hingga rata pada bagian yang dirasakan sakit atau tegang. Bahkan, ada pula air perasan buah jeruk ditambahkan ke dalam air hangat di dalam ember kecil, kemudian digunakan untuk merendam kaki bagian bawah maka rasa pegal-pegal atau sakit akan hilang secepatnya.

3. Menurunkan rasa panas badan, terutama pada anak-anak. Air perasan jeruk nipis ditambah selembar daun sirih, ditambah air hangat, digunakan untuk bahan pengompresan maka rasa panas akan cepat hilang kalau dibandingkan hanya dengan air tanpa campuran.

4. Obat antimabuk, yaitu sebelum atau selama perjalanan panjang meminum perasan air buah jeruk nipis, terutama bagi mereka yang biasa dilanda mabuk perjalanan. Bahkan, bagi orang-orang tertentu hanya dengan mencium bau remasan kulit jeruknya saja sudah lebih dari cukup untuk menghilangkan rasa mabuk di perjalanan walau perjalanan jauh pun.

5. Bagi mereka yang menderita gangguan pada saat buang air kecil maka meminum air perasan buah jeruk nipis ditambah gula batu sedikit agar tidak terlalu asam, ternyata banyak manfaatnya. Bahkan, kepenatan yang sering dialami oleh seseorang karena terlalu banyak menggunakan ”otaknya” dengan cara ini pun akan banyak membantu untuk meringankan.

6. Di lingkungan masyarakat Jawa, banyak ibu-ibu yang menggunakan air perasan buah jeruk nipis untuk mengecilkan dan ”mengeringkan” peranakan sehabis melahirkan dengan cara mencampur air perasan dengan kapur sirih, kemudian dijadikan parem, serta dibalurkan ke bagian perut selama 40 hari. Bahkan, ada pula yang kemudian membiasakan meminum air perasan buah jeruk tsb. yang dicampur sedikit garam, sedikit kapur sirih dengan air hangat.

7. Menghilangkan bau keringat, bau ketiak, serta bau badan lainnya. Air perasan buah jeruk nipis banyak membantu dengan cara mencampurkan perasan itu dengan sedikit kapur sirih, kemudian dijadikan obat gosok ke bagian badan yang menghasilkan bau tsb.

KURMA

Kandungan gula kurma yang tinggi membuat kurma menjadi buah yang menghasilkan energi tinggi. Kandungan gula kurma sangat membantu menyembuhkan luka. Hati-hati bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.


PEPAYA & MANGGA

Jus campuran pepaya dan mangga memiliki kandungan karbohidrat dan enzim yang tinggi. Jus segar ini bermanfaat dalam menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam. Jus mangga sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan pepaya melancarkan buang air besar, mengatasi sembelit, dan mengurangi serangan jantung, anti amuba, dan peluruh cacing. Pepaya Kaya akan antioksidan karoten, vitamin C dan flavonoid yang berperan sebagai anti kanker. Jus pepaya sangat baik digunakan untuk mengurangi kadar keasaman lambung, sehingga dapat membantu mengatasi penyakit maag.

PEAR

Mengkonsumsi buah Pear membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas. Jus pear juga dapat dicampur dengan apel dan sedikit jeruk nipis.

NANAS

Masakan yang dibuat dengan 250 gram nanas yang diiris-iris, 60 gram cincangan daging ayam dan lada secukupnya yang kemudian digoreng dapat mengatasi penyakit darah rendah dengan gejala lemasnya kaki dan tangan.
Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki berbagai manfaat:

o memecah lemak di usus sehingga membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan.

o mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol darah (membersihkan darah) dan mencegah stroke.

o meningkatkan pencernaan.

o mencuci timbunan protein dan parasit cacing pada dinding usus sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan melalui feces.

o menghambat pertumbuhan sel kanker.

o merangsang serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

· Dapat menjaga keseimbangan hormon tubuh, sehingga sangat berguna bagi wanita untuk mengatur siklus menstruasi.

· Wanita yang baru melahirkan disarankan mengkonsumsi nanas dalam jumlah cukup untuk membersihkan rahim dan mempercepat penyembuhan.

· Bermanfaat dalam mengurangi depresi, serta meningkatkan mood dan konsentrasi.

· Perlu klarifikasi terhadap pameo di masyarakat : nanas tidak baik bagi wanita (menyebabkan keputihan dan keguguran). Hal ini hanya berlaku bagi wanita yang sensitif. Lagipula nenas yang matang aman untuk dikonsumsi.

DELIMA

Di Irak dan Iran, jus delima yang dibuat kumur terlebih dahulu sebelum diminum membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Manfaat buah delima yang lain:

§ Batuk yang sudah berlangsung lama: ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah buah delima tersebut.

§ Untuk suara serak tenggorokan kering : ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah lalu buang bijinya. Lakukan 2-3 kali sehari.

§ Radang tenggorokan: ambil 1-2 buah segar, kupas kulitnya dan ambil biji-bijinya. Kemudian lumatkan biji-biji itu untuk mendapatkan airnya, didihkan, kemudian saring untuk memperoleh cairannya. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci mulut atau berkumur.

§ Manfaat lainnya, kandungan zat tanin dalam buah delima dapat membius cacing gelang, cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga cacing tersebut dapat dikeluarkan.

TOMAT

Jus tomat dapat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat yang berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik. Konsumsi tomat yang teratur membantu mengobati penyakit anoreksia (kehilangan nafsu makan).


SEMANGKA

Terlalu banyak mengkonsumsi daging-dagingan, manis-manisan, goreng-gorengan, kopi dan minuman ringan sering membuat darah terlalu banyak kandungan asamnya dan mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit. Jus semangka akan merontokkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi secara teratur jus semangka dapat menjaga meningkatnya gula darah.


KELENGKENG

Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. sebagai salah satu sumber energi, buah yang sangat manis ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau setelah melahirkan. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut dini. Selain itu akan mempercepat kesembuhan luka luar. Awas, konsumsi secukupnya saja, kalau kelebihan, akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi.

BELIMBING

Meminum atau memakan buah belimbing dan menelannya secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan. Campuran belimbing dan madu juga dapat membantu mencegah dan mengatasi kencing batu.

LECI

Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.


KELAPA

Air kelapa mengandung sukrosa, fruktosa, dan glukosa, sedangkan dagingnya selain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunya minyak kelapa. Meminum air kelapa muda dan memakan dagingnya dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes. Selain itu, minum air kelapa muda dipercaya membuang racun dalam darah. Perhatian, terlalu banyak minum air kelapa muda menyebabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa. Manfaat kelapa yang lain:

§ Demam: Pecahkan kelapa, ambil airnya dan diminum setiap pagi dan malam.

§ Kurang tenaga: Ambil 1 cangkir air kelapa, 30 gram gula pasir dan sedikit garam meja, larutkan. Lalu minum sekali saja sehari.

§ Influenza: Sediakan ¼ butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur sebesar ibu jari. Buah kelapa dan kencur diparut, kemudian kedua bahan dicampur merata, ditambah gula 1 gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya. Diminum 1 kali sehari.

Manggis

Kandungan buah manggis bermanfaat sebagai obat anti inflamasi (anti radang) dan obat diare. Kulit manggis kaya akan xanthone antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Buah-buahan merupakan sumber makanan alami yang paling siap
untuk langsung dikonsumsi manusia, sayang kadang kala
dilupakan. Dengan penjelasan diatas, semoga buah-buahan
tidak lagi dilupakan sebagai makanan yang wajib dikonsumsi

ANEKA RESEP SAYURAN UNTUK KESEHATAN

BATUK

§ 100 gram biji kacang panjang (kukus hingga matang) diblender dengan air secukupnya, tambahkan gula batu atau madu secukupnya, aduk rata lalu diminum.

§ 250 gram waluh direbus hingga matang, tambahkan gula pasir secukupnya, kemudian berikan kepada penderita.

§ Oyong/gambas dijus hingga menghasilkan 60 cc, tambahkan madu secukupbya, aduk rata, lalu diminum.

§ 30 gram terung tua dikupas kulitnya lalu direbus dalam air secukupnya. Tambahkan gual merah. Setelah matang, terung rebus siap disajikan kepada penderita.

INFLUENZA

§ 7 siung bawang merah, 3 butir merica, 10 gram jahe diblender dengan air hangat secukupnya. Minum selagi hangat.

§ 30 gram rambut jagung, 10 gram jahe, 60 gram akar alang-alang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc gram lobak dan 2 siung bawang putih diblender denagn air rebusan tadi, jadilah jus dan siap diminum selagai hangat.

§ 1 buah pare ukuran sedang yang telah dikukus sampai matang dan 10 gram jahe diblender dengan air secukupnya. Tambahkan madu, secukupnya, aduk rata lalu diminum.

§ Daun pepaya muda ditumbuk halus lalu diberi air secukupnya dan diperas airnya, air perasan tadi dicampur garam dan gula secukupnya, aduk sampai rata, ramuan ini diminum selama 1 minggu berturut-turut.

Wortel

Berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antioksidan atau antikanker. Juga mmebantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengatasi tekaanan darah tinggi.

Resep:

§ Sediakan umbi wortel, 2 sendok madu, dan 1 potong gula aren. Wortel kemudian diparut, diperas, tambah 2 gelas air kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata. Diminum 1 kali sehari.

§ Tiga buah umbi wortel diparut, tambah air lalu diperas (dibuat jus), kemudian tambahkan gula secukupnya. Minum sehari sekali.

KULIT CANTIK BERKAT RAMUAN SENDIRI

Biasanya, jika ramuan ini cocok untuk wajah berarti cocok pula untuk kulit di tempat lainnnya. Tetapi, tidak sebaliknya, bila ramuan ini cocok di kulit bagian tubhu lain, belum tentu cocok untuk kulit wajah. Karena kulit wajah termasuk kulit yang cukup peka atau sensitif. Sebelum mulai mencobanya di kulit wajah, ikatlah rambut anada ke belakang dan bersihkan wajah dengan menggunakan sabun dan air.

Pembersih wajah untuk kulit sensitif

¼ cangkir oatmela atau kenari

yogurt rasa tawar

Masukkan oatmeal atau kenari ke dalam blender dan haluskan. Kemudian tuangkan ke dalam mangkuk kecil dan aduk bersama yogurt sampai membentuk krim. Oleskan pada seluruh wajah, hindari daerah sekitar mata. Biarkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Pembersih wajah untuk kulit berminyak; dan menunda hadirnya keriput di kulit.

2 buah tomat yang matang

½ cangkir susu segar

Haluskan tomat di dalam blender dan saring kemudian campur dengan susu. Oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dan keringkan. Anda bisa menggunakannya dua kali sehari selama seminggu. Masukkan dalam lemari es hanya enam jam.

Masker pisang dan alpukat (memberi kelembapan pada kulit normal dan kering)

2 buah pisang matang (pisang cavendish) yang dikupas

atau 1 buah alpukat matang, yang diambil dagingnya

1 sendok makan madu.

Haluskan pisang dan alpukat dengan garpu. Jangan sampai halus benar. sebenarnya masker ini sudah bisa digunakan, dengan menambah madu, akan membuat masker ini bisa melekat di wajah). Oleskan pada wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air.

Masker strawberry (untuk kulit berminyak)

10-12 buah strawberry, cuci dan potong-potong

2 sendok makan madu ( madu apa saja)

Masukkan buah strawberry dan madu ke dalam blender. Pastikan campuran ini tidak terlalu basah atau encer. Oleskan pada kulit. Biarkan selama 5-10 menit kemudian keringkan.

Fasial buah setiap hari

Bisa didapat dari jus buah-buahan segar seperti lemon, jeruk nipis, strawberry, anggur, apel, jeruk dan tomat. Caranya?

Gunakan ujung jari, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas. Lakukan sekali sehari. Buah-buahan ini mengandung asam alfa hidroksi (alpha-hidroksi acid /AHA) yang dapat mengendurkan sel-sel mati dan terpisah dari sel-sel kulit yang baru, sehingga menjadikan kulit anda halus dan lembut. Perawatan dengan AHA setiap hari dapat membuat kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari jadi nada perlu menggunakan tabir surya. Sumber AHA lainnya adalah cuka saus, apple cider vinegar (cuka apel), yogurt, susu, susu bubuk, jus anggur, anggur.

Ketimun dan kantung teh (mengatasi mata yang lelah dan bengkak)

Potong-potonglah buah timun yang dingin dan letakkan pada kelopak mata yang tertutup selama 5-10 menit; balik irisan timun dan lamanya sama.

Letakkan kantung teh pada kantung plastik dan masukkan ke lemari es. Kemudian letakkan di kelopak mata seperti buah timun di atas.

Krim susu (bagi kulit kering)

1 ½ sendok makan susu segar

2 sendok makan madu, segala jenis madu.

Campur susu dan madu; aduk hingga menyatu. Oleskan pada wajah dan leher. Biarkan 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air dan keringkan.

Minyak zaitun (olive oil) eksfolian (untuk semua jenis kulit)

1 sendok makan extra virgin olive oil

1 sendok teh tepung beras

Campurkan minyak zaitun dan tepung beras hingga menyatu. Oleskan pada wajah dan leher. Kemudian secara perlahan gosok dengan gerakan memutar. Bersihkan dengan kertas tisu lalu cuci dengan sabun wajah dan air hangat.

TANGAN

Tanda-tanda awal penuaan dan stres biasanya akan lebih tampak pada kulit telapak tangan ketimbang wajah, karena kedua tangan anda lebih terpapar pada berbagai paparan seperti air, deterjen, bahan-bahan kimia, makanan, cuaca, berkebun, melakukan pekerjaan rumah tangga dan sebagainya. Dan biasanya anda menjadi lebih peduli pada wajah. Berikan pelembab pada tangan minimal sekali sehari, kenakan sarung tangan bila perlu, gunakan sun block, dan selalu menjaga tangan tetap kering.

Toner untuk Tangan

(agar pH dari paparan terhadap bahan pakaian dan deterjen tetap seimbang)

1 sendok makan cuka apel atau perasan buah lemon

8 cangkir air ( 1 cangkir = ± 250 ml)

Campur keduanya ke dalam gelas kaca. Kemudian cuci tangan ke dalam campuran ini setelah bersentuhan dengan deterjen yang bersifat alkalis, untuk memeperbaiki keseimbangan pH alami kulit anda.

Mandi susu (untuk melembutkan dan menghaluskan telapak tangan)

3-4 cangkir air

½ cangkir susu bubuk (skim atau whole milk)

3 sendok makan madu

Rebus air dalam panci sedang kemudian masukkan susu bubuk dan madu hingga menyatu. Matikan api. Saat larutan ini dingin, celupkan kedua telapak tangan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat kemudian keringkan.

Krim pelembab tangan

2 sendok makan madu

½ cangkir mentega tanpa garam atau olive margarin

1-2 sendok makan chamomile tea, jasmine atau orange spice tea.

Campur semuanya hingga menyatu. Oleskan pada telapak tangan. Jika masih ada siasa, simpanlah di dalam lemari es.

Eksfolian gula (untuk kulit normal hingga kering)

2 sendok makan ekstra virgin olive oil (minyak zaitun)

2-3 sendok makan gula (semakin kasar senmakin baik)

Campur minyak dengan gula, dan secara perlahan gosokkan pada kedua telapak tangan, punggung tangan, dan jika perlu hingga pergelangan tangan, setelah itu bilas dengan air hangat, keringkan. Jika telapak tangan terasa kasar dan kering, ganti minyak zaitun denagn jus lemon.

KAKI

Resep tradisional berikut dapat membuat kulit kaki terasa lenbut dan segar. Semua resep bagi wajah, telapak tangan dan tubuh juga bisa dicoba pada kaki.

Pembersih lemon

½ cangkir air perasan buah lemon segar

½ cangkir air

handuk kecil

Campurkan keduanya. Kemudian celupkan handuk kecil ke dalam larutan tersebut dan letakkan pada kaki. Biarkan selama 10 menit dan keringkan. Ramuan ini dapat menyingkirkan bau tak sedap, melembutkan dan menghaluskan kulit telapak kaki.

TUBUH

Anaa bisa memanjakan tubuh dengan beberapa ramuan tradisional di bawah ini. Tetapi bagi anda yang memiliki diabetes, tekanan darah tinggi atau bermasalah dengan jantung, sebaiknya berhati-hati atau tidak melakukan berendanm dengan air hangat.

Mandi susu ala cleopatra (melembutkan kulit)

Asam laktat (lactic acid) yang terkandung dalam susu dapat menyingkirkan sel-sel kulit yang mati dam membersihkan kulit hingga ke lapisan paling dalam. Hindari menggunakan ramuan ini bila anda alergi terhadap susu.

4-5 cangkir susu segar atau 1-2 cangkir susu bubuk

Tambahkan susu tersebut ke dalam air hangat untuk mandi dan berendam di bath tub selama 20- 30 menit. Kemudian lakukan scrub secara perlahan dengan handuk kecil. Bilas hingga bersih dengan air.

Mandi madu (menghaluskan, melembutkan, dan mempermuda kulit)

3 sendok teh madu, jenis apa saja

1 ½ cangkir air panas

¼ cangkir jus lemon atau cuka apel

Larutkan madu ke dalam air hangat kemudian tambahkan jus lemon atau cuka apel. Lalu masukkan larutan ini ke dalam bath tub dan berendam di dalamnya selama 20 menit. Gosok kulit perlahan dengan handuk kecil. Bilas dengan ir hangat dan keringkan. Oleskan krim pelembab.

Scrub oatmeal manis

½ cangkir oatmeal, digiling halus

½ cangkir gula, tipe yang kasar

1 sendok makan air perasan buah lemon atau cuka apel

2-4 sendok makan susu

Campur semua bahan di dalam mangkuk, hingga menyatu membentuk seperti krim. Sebagai penggantinya, anda juga bisa mengunakan ½ cangkir jel lidah buaya segar (aloe vera gel) untuk mempercepat proses peneyembuhan luka atau akibat terbakar sinar matahari. Oleskan perlahan selama lima menit. Bilas higga bersih dengan menggunakan air hangat.

Alergi/ tidak ?

Coba oleskan sedikit ramuan tradisional yang akan digunakan pada kulit di lengan dalam. Biarkan 15 menit dan bilas dengan air jika timbul kemerahan coba ramuan lainnya. Jika tidak timbul apa-apa pada kulit, berarti anda bisa memakainya. Hindari juga menggunakannya pada daerah sekitar amata. Dan selalu gunakan air bersih, atau jika memungkinkan bisa menggunakan air hangat.. Untuk mencegah timbulnya iritasi, jarangkan pemakainnya terutama eksfolian atau scrub. Misalnya, hindari mencoba dua macam scrub yang berbeda pada hari yang sama. Sekali atau dua kali semnggu sudah mencukupi.

Bila kulit bisa berbicara, pasti akan mengucapakan terima kasih bila anda telah merawatnya dengan baik, tetapi ramuan ini masih ada batasannya. Kulit tidak bisa menyerap semua nutrien ini seperti sistem pencernaan – kulit memiliki daya penyerapan yang terbatas. Itu sebabnya, wajah yang sehat dan halus perlu dipertahankan atau diperbaiki dengan mengonsumsi diet sehat seimbang, olahraga, dan gaya hidup sehat tentunya. J

*****#### SELAMAT MENCOBA ####*****

DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER

Eend Copyright @ 2008